Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

Cara Wasir Sembuh Lebih Cepat

Description

Ambeien atau wasir adalah kondisi yang melibatkan pembesaran pembuluh darah di sekitar dubur atau rektum. Ini bisa terjadi pada siapa saja, terutama mereka di atas usia 50 tahun. Wasir bisa bersifat internal, yang berkembang di dalam anus atau rektum, atau eksternal, yang muncul di luar anus. Gejala wasir bisa mencakup bab berdarah, nyeri saat duduk, dan teraba ada benjolan pada anus atau dubur. 

Untuk melakukan perawatan atau meredakan gejala wasir di rumah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu :
1. Terapkan pola diet sehat dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.
2. Hindari mengkonsumsi makanan pedas.
3. Hindari mengejan yang kuat pada saat BAB. Apabila Anda belum mau BAB, sebaiknya tidak dipaksakan dengan cara mengejan.
4. Usahakan untuk tidak membawa gadget, handphone, buku atau bahan bacaan pada saat BAB, supaya Anda tidak terlalu lama duduk diatas toilet pada saat BAB.
5. Hindari mengangkat beban berat.
6. Jika timbul nyeri, konsumsi obat penahan nyeri, dan konsultasikan ke dokter.

Jika kondisi tidak membaik, maka sebaiknya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Untungnya, dengan pengobatan yang tepat, kondisi ini dapat diatasi dengan baik.

Metode Laser Hemorrhoidoplasty (LHP) adalah salah satu cara pengobatan wasir yang minimal invasif. Dalam metode ini, laser digunakan untuk menghentikan aliran darah ke wasir, menyebabkan pembuluh darah wasir menutup dan ukuran wasir mengecil. Wasir yang menyusut dan tidak akan menonjol kembali.

Apa Keuntungan Metode Laser?

  1. Nyeri yang Lebih Ringan: Studi menunjukkan bahwa pasien yang menjalani metode laser melaporkan tingkat nyeri yang lebih rendah dibandingkan dengan metode lain.
  2. Perdarahan yang Lebih Sedikit: Metode laser dapat mengurangi perdarahan selama operasi, dan perdarahan setelah operasi cenderung lebih sedikit dan berkurang seiring waktu.
  3. Mobilitas yang Cepat Kembali: Pasien yang menjalani metode laser biasanya dapat bergerak lebih cepat setelah operasi, bahkan jika mereka memilih anestesi umum.
  4. Luka yang Kecil: Metode laser hanya memerlukan luka tusuk kecil, yang mengurangi risiko komplikasi anatomis dan infeksi.

Perubahan pola hidup sehat juga dapat membantu mencegah wasir berulang, seperti dengan mengonsumsi makanan yang memiliki tinggi serat, dan rutin berolahraga. Jika Anda memiliki wasir atau risiko terkena wasir, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendiskusikan faktor risiko dan pengobatan yang sesuai.

Teknologi pengobatan wasir terus berkembang di Indonesia, tetapi yang terpenting adalah mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat dari dokter yang berkompeten. Metode laser menawarkan keuntungan seperti nyeri yang lebih sedikit, penyembuhan yang cepat, risiko rekurensi yang rendah, dan lama rawat inap yang singkat. Mari tingkatkan kualitas hidup tanpa wasir.

Kini di Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong sudah menyediakan layanan Laser Hemorrhoidoplasty, pengobatan wasir yang komprehensif dengan dokter-dokter berpengalaman dan peralatan medis modern. Kami siap memberikan perawatan yang optimal bagi Anda. Apabila Anda mengalami tanda-tanda wasir atau ambeien, segera konsultasikan dengan dokter.

Healthpedia Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong
Ditinjau secara medis oleh dr. Danny Kristianto Rustandi, Sp.B - Dokter Spesialis Bedah Umum


 

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.