Beranda / Berita & Kegiatan

12.jpg

Kenali Jenis Layanan Homecare, Yuk!

11-06-2021

Kebutuhan akan layanan kesehatan di rumah atau yang biasa disebut dengan layanan homecare meningkat beberapa tahun ini apalagi semenjak pandemi COVID-19. Banyak orang yang lebih merasa nyaman saat menggunakan layanan kesehatan di rumah / homecare membuat layanan tersebut banyak diminati oleh masyarakat. Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong yang berlokasi di area Gading Serpong pun menawarkan layanan kesehatan di rumah / homecare sebagai salah satu pelayanan kesehatan selain melayani di rumah sakit.

Pengertian Homecare

Homecare sendiri dapat diartikan sebagai layanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan langsung di rumah pasien. Tenaga kesehatan yang bertugas pun adalah tenaga kesehatan yang memang sesuai di bidangnya masing-masing dan tersertifikasi (perawat, dokter, bidan, dan lain-lain).

Jenis Layanan Homecare

Layanan homecare sendiri bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti layanan homecare perawat, layanan homecare pasca persalinan / melahirkan, layanan homecare dokter umum, dan layanan homecare laboratorium.

Layanan Homecare Perawat
Pada jenis layanan perawat terdapat beberapa tindakan atau layanan yang biasa dilakukan oleh perawat seperti perawatan pasca persalinan, penggantian balutan pasca operasi / perawatan luka, pasang / lepas / ganti kateter urin, dan pasang / lepas / ganti pipa lambung (Nasogastric Tube / NGT). Beberapa contoh pasien yang menggunakan layanan ini adalah pasien pasca stroke, ibu pasca bersalin / melahirkan, pasien dengan luka decubitus, ataupun lansia.

Layanan Homecare Pasca Persalinan / Melahirkan
Ibu pasca bersalin dan bayi baru lahir biasanya membutuhkan layanan homecare untuk mendapatkan perawatan lanjutan di rumah. Contoh layanan homecare baru bayi dan ibu pasca persalinan adalah pijat bayi, breast care / laktasi, memandikan bayi, dan perawatan tali pusat bayi.

Layanan Homecare Dokter Umum
Layanan ini dapat digunakan siapa saja yang memerlukan pemeriksaan kesehatan dan juga konsultasi dengan dokter umum di rumah tanpa pergi ke tempat layanan kesehatan seperti rumah sakit.

Layanan Homecare Laboratorium
Pasien yang perlu pengambilan sample untuk pemeriksaan laboratorium pun dapat menggunakan layanan ini dengan pengambilan sample yang dilakukan di rumah pasien dengan aman dan nyaman. Salah satu pengambilan sample yang juga masih dibutuhkan hingga sekarang ini adalah layanan homecare pengambilan sample darah dan skrining COVID-19 seperti Swab PCR dan Swab Antigen.

Dengan menggunakan layanan homecare, diharapkan pasien bisa lebih efisiensi waktu, nyaman, dan juga rasa aman. Di masa pandemi COVID-19 sekarang, Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong yang berlokasi di area Gading Serpong pun meningkatkan protokol kesehatan termasuk pada petugas homecare yang mendatangi rumah pasien salah satunya dengan menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) sesuai layanan.

-------------------------------------------

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.